5 Tips Aman Belanja Baju Online Supaya Gak Rugi

Sebanyak 396 kasus dari 931 pengaduan konsumen di Kemendag berkaitan dengan belanja online. Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) juga mencatat mayoritas pengaduan adalah kasus penipuan dan penyalahgunaan akun.


Sudah banyak terjadi kasus kejahatan dalam belanja online. Modusnya pun bermacam-macam, mulai dari barang yang dikirim gak sesuai dengan yang dijual, hingga pembobolan akun dengan nilai kerugian fantastis. Daripada akhirnya kamu mengalami kerugian, ada baiknya kamu pahami tips belanja baju online yang aman.


1. Jangan terlalu percaya pada penawaran murah


Kamu patut curiga kalau diskon atau penawarannya terlalu menguntungkan dan terkesan gak masuk akal. Bisa jadi yang kamu beli itu merupakan baju palsu atau kualitasnya jelek. Sebaiknya, kamu melakukan survei harga terlebih dahulu. Berapa harga pasaran untuk baju dengan model yang kamu mau itu. Jika bisa, cek juga harga di toko resminya.


2. Baca deskripsi produk dengan teliti


Biasanya penjual sudah menyediakan informasi seputar produk hingga ketentuan jual beli barang. Mulai dari warna, ukuran, bahan, pengirimannya, dan proses retur jika barang cacat. Harus rajin membaca keterangan produk. Kalau masih belum jelas, tanyakan langsung ke penjual.


3. Minta foto asli


Foto yang diposting bisa jadi berbeda dengan aslinya. Karena foto tersebut sudah dibuat sebagus mungkin untuk kebutuhan promosi. Kalau kamu ragu dengan tampilan aslinya, minta foto asli supaya lebih jelas. Biasanya orang akan terkecoh soal warna. Di foto warnanya putih, tapi aslinya broken white.


4. Baca review dan foto dari pembeli lain


Review dan foto dari pembeli lain sangat berguna sebagai referensi kamu dalam membeli sesuatu. Terlebih, mayoritas komentar pembeli akan sangat jujur. Perhatikan juga foto baju yang dikirim dari pembeli lain yang lebih real dan apa adanya.


5. Gunakan sistem COD


Kalau kamu belum sepenuhnya percaya dengan baju atau penjual, kamu bisa gunakan sistem COD. Pembayaran akan dilakukan saat kamu sudah menerima barang. Kalau barang gak sesuai, kamu bisa ajukan komplain langsung. Tapi, untuk e-commerce, kamu gak bisa komplain langsung karena barang dikirimkan melalui kurir.

Redaksi
Redaksi Media Online Bengkulu terupdate dan terdepan
advertise
advertise
advertise
advertise